hit counter scriptCara dan Tips Melamar Pekerjaan Via Whatsapp | Loker Indramayu
whatsapp

Dalam dunia pencarian kerja yang semakin kompetitif, mengirimkan lamaran pekerjaan melalui WhatsApp dapat menjadi alternatif yang efektif. Namun, perlu diingat bahwa ada cara yang baik dan benar dalam melakukannya.

Berikut adalah cara untuk melamar melalui via whatsapp:

Cara Melamar Via Whatsapp

Waktu yang Tepat untuk Mengirim

Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah waktu pengiriman lamaran. Tidak disarankan untuk mengirim lamaran via WhatsApp di luar jam kerja, khususnya setelah jam 4 sore atau malam. HRD juga memerlukan istirahat, jadi hindari mengganggu mereka di luar jam kerja. Jam yang tepat untuk mengirim lamaran via WhatsApp adalah antara jam 9 pagi hingga jam 3 sore.
Pembukaan Lamaran yang Baik

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pencari kerja adalah pembukaan lamaran yang kurang tepat. Contoh-contoh seperti “Assalamualaikum, pak/bu, lokernya masih ada atau tidak?” tidak disarankan. Sebelum bertanya, pastikan Anda sudah membaca tanggal penutupan lowongan kerja. Hindari pertanyaan yang jelas-jelas bisa dijawab dengan melihat informasi yang tersedia.
Contoh Lamaran yang Tepat

Berikut ini adalah contoh lamaran pekerjaan yang tepat via WhatsApp:

“Saya tertarik dengan lowongan kerja di PT Mars Pluto yang saya temukan di website lokerkucirebon.com. Berikut ini adalah data diri saya:

Nama: [Nama Anda]

Tanggal Lahir: [Tanggal Lahir Anda]

Jenis Kelamin: [Jenis Kelamin Anda]

Alamat: [Alamat Anda]

Pendidikan Terakhir: [Pendidikan Terakhir Anda]

Nomor Handphone: [Nomor Handphone Anda]

Pengalaman Kerja: [Pengalaman Kerja Anda]

Posisi yang Dilamar: [Posisi yang Dilamar]

Saya sangat berharap bisa dipanggil untuk mengikuti wawancara. Terima kasih.”
Lampirkan CV dengan Foto Formal

Setelah mengirimkan data diri seperti yang disebutkan di atas, pastikan Anda juga mengirimkan CV Anda yang berisi foto diri Anda. Pastikan foto tersebut formal dan sesuai untuk melamar pekerjaan. Hal ini membantu pihak perusahaan mengidentifikasi pelamar dengan lebih baik. Berikut adalah contoh pengiriman CV:

“Anda bisa menemukan CV saya terlampir di bawah ini. Jika diperlukan informasi tambahan, saya siap untuk memberikannya. Terima kasih.”
Follow-Up Lamaran

Setelah mengirimkan lamaran, tunggu beberapa waktu untuk mendapatkan respons dari pihak perusahaan. Jika dalam seminggu Anda belum mendapatkan kabar, Anda bisa melakukan follow-up dengan pertanyaan yang sopan, seperti “Selamat Pagi/Siang/Sore/dll, maaf mengganggu waktu Bapak/Ibu HR Perusahaan PT Mars Pluto, Sebelumnya apakah CV saya sudah Bapak/Ibu terima? Apakah saya memenuhi kriteria yang Bapak/Ibu butuhkan?” Dengan cara follow-up ini menunjukkan minat Anda yang serius dalam posisi yang Anda lamar.

Itulah bagaimana cara melamar pekerjaan via WhatsApp yang baik dan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa meningkatkan peluang Anda untuk diterima di perusahaan impian. Jangan lupa untuk selalu menjaga sopan santun dan profesionalisme dalam setiap komunikasi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan teman-teman pencari kerja lainnya. Selanjutnya Anda bisa mencari pekerjaan yang sesuai dengan kriteria Anda.

Bagikan:

Tags:

Astagfirullahaladzim